Wow! Jepang Punya Truk Sampah eCanter Ramah Lingkungan

Wow! Jepang Punya Truk Sampah eCanter Ramah Lingkungan

Truk Sampah Fuso eCanter SensorCollect

Truk Sampah – Merupakan salah satu akomodasi yang sangat penting dalam melakukan pembersihan pada sebuah wilayah. Namun saat ini banyak sekali truk atau mobil yang digunakan tidak terlalu bekerja dengan baik karena menimbulkan beberapa masalah lain. Seperti bak mobil yang rusak akibat terkena air dari sampah yang terus menerus. Kemudian penggunakan mobil atau truk konvensional juga membutuhkan bahan bakar serta mengeluarkan emisi carbon yang cukup besar. Dan juga banyak kendala lainnya seperti para supir truk yang mengalami kelelahan akibat mengemudikan mobil dan mengambil sampah di beberapa titik wilayah.

Melihat kondisi tersebut pemerintahan Jepang, melalui Kementerian Lingkungan Hidup bekerja sama dengan Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC). Mengembangkan dan melakukan uji coba terhadap sebuah inovasi truk sampah dengan mengeluarkan Fuso eCanter SensorCollect. Mobil ini dikeluarkan dengan tujuan untuk menekan emisi carbon yang semakin meningkat. Serta Jepang juga ingin meningkatkan efisiensi pengumpulan sampah di seluruh wilayahnya.

MFTBC bersama dengan kementerian lingkungan hidup Jepang melakukan demontrasi pertama mereka di jalanan umum di kota Kawasaki, Jepang. Truk Sampah Fuso eCanter SensorCollect menggunakan teknologi sistem pelacakan otomatis yang mengikuti rute pengumpulan sampah sebelumnya. Cara kerjanya adalah terdapat sensor yang secara otomatis mengenali saat pengemudi meninggalkan tempat duduk. Sensor di pasangkan pada bagian depan dan belakang kendaraan dan memiliki fungsi ganda sebagai spion juga. Kendaraan kemudian akan bergerak secara otomatis mengikuti pengemudi saat berjalan di jalur pengumpulan sampah. Jadi mirip seperti mekanisme mobil kontrol namun dengan teknologi yang jauh lebih canggih.

Baca juga : Tips Wajib Diketahui Sebelum Membeli Asuransi Mobil

Selain itu Truk Sampah eCanter ini juga mampu dikendalikan secara Human Machine interface yang memungkinkan mengendalikannya dari jarak yang cukup jauh. Sehingga dijanjikan akan dapat mengurangi beban fisik dan juga waktu kerja para pengemudi truk secara drastis dan efisien. Tidak hanya itu pada mobil ini juga sudah disematkan teknologi lain yang berhubungan dengan keamanannya. Sensor lain di pasangkan untuk mengenali area sekitar mobil yang memungkinkan untuk berhenti darurat apabila terdapat benda asing atau orang yang memasuki zona aman di sekitar truk. Bahkan sensor ini dapat melacak kendaraan lain yang datang untuk mengantisipasi jarak pemberhentian agar tidak menimbulkan kecelakaan.

Truk Sampah Fuso eCanter SensorCollect juga dilengkapi dengan sensor untuk mendeteksi berat dan volume dari sampah yang dimasukkan ke dalam truk. Sensor tersebut memilah secara langsung dan memberikan informasi seputar jumlah barang yang dibuang. Serta mengirimkan informasi tersebut ke fasilitas pembuangan sampah di Jepang melalui internet. Pengembangan eCanter ini merupakan bentuk dari efisiensi kerja dengan keamanan dan efektifitas yang sangat mendukung fasilitas pembuangan sampah publik.

Disebut ramah lingkungan karena Fuso eCanter SensorCollect sudah menggunakan teknologi EV yang dimana untuk menggerakkan truk sampah ini sudah menggunakan daya listrik melalui baterai yang dipasangkan. Mobil ini menggunakan sistem modular jadi memungkinkan untuk memasangkan lebih dari satu baterai sebagai tenaga utama dari mobil. Satu baterai terdiri atas 41 Kwh dan sangguh menjelajah hingga 80km. Jika dipasangkan dua baterai pada mobil makan mampu menempuh hingga 160 km.

Tertarik membaca informasi otomotif lain : Mobil Self-Driving

Inovasi truk sampah Fuso eCanter SensorCollect ini merupakan sebuah terobosan yang sangat luar biasa untuk mendukung fasilitas pembuangan sampah terpadu di Kota Jepang. Semoga dengan berkembangnya inovasi tersebut. Negara-negara lain seperti Indonesia mampu mengikuti langkah pemerintahan Jepang dengan menggunakan teknologi EV untuk kendaraan fasilitas pembuangan sampah.

Sekian informasi singkat mengenai otomotif hari ini, dengan informasi dari inovasi truk sampah di Jepang yang bekerja sama dengan Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation. Nantikan informasi menarik seputar dunia otomotif hanya di Otomaz.com.