Jenis Oli Mobil Matic Yang Harus Mendapatkan Pergantian Berkala

Jenis Oli Mobil Matic Yang Harus Mendapatkan Pergantian Berkala

Halo sobat otomotif lovers, kembali lagi di laman website yang akan memberikan kalian sejumlah informasi menarik seputar otomotif dari berbagai segi sudut pandang, serta terbaru dari dunia otomotif. Pada kesempatan kali ini Oto-maz.com akan membahas seputar jenis oli mobil matic apa saja sih yang harus mendapatkan pergantian atau perawatan secara berkala? Untuk informasi selengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Mobil matic merupakan jenis mobil yang sangat digandrungi oleh banyak kalangan masyarakat saat ini. Apalagi saat ini banyak mobil dipakai untuk wilayah perkotaan saja yang tidak memerlukan tenaga spontan berlebih untuk melalui jalanan tanjakan. Jenis mobil matic juga dinilai lebih efisien dari segi cara berkendaranya. Kemudahan pengoperasian mobil matic menjadi pilihan bagi sejumlah kalangan. Terutama bagi kaum perempuan yang akan lebih cepat menguasai mobil dengan transmisi matic karena tidak perlu belajar untuk pemindahan gigi dan mengendalikan tuas kopling.

Oli Mobil Matic

Walaupun mobil matic memiliki harga yang beli yang lebih tinggi dari jenis mobil manual, namun mobil matic tetap menjadi jenis mobil dengan penjualan tertinggi saat ini. Meskipun begitu ada beberapa faktor penting yang harus kalian perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli mobil jenis transmisi matic. Karena pada dasarnya mobil matic apabila sudah mengalami kerusakan, maka harga dari sparepartnya pun tergolong mahal.

Jenis Oli Mobil Matic Yang Harus Dirawat Secara Berkala

Oli Mobil Matic

Kalian yang tidak ingin mobil matic kalian cepat mendapatkan masalah atau kerusakan. Ada baiknya melakukan perawatan berkala pada beberapa bagian mobil. Salah satunya adalah dengan mengganti beberapa jenis oli yang digunakan pada mobil matic. Lalu oli bagian mana saja kah yang harus mendapatkan perawatan secara rutin? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

  • Oli Transmisi

Walaupun berjenis mobil matic, namun persneling pada mobil matic juga ada beberapa mode. Dan kalian harus menyesuaikan mode tersebut pada rute yang kalian lewati. Bisa dikatakan pergantian mode transmisi akan sangat jarang dilakukan pada mobil matic. Namun kalian tetap harus mengganti oli pada bagian transmisi ini lho.

Ini dilakukan agar pemindahan transmisi tetap berjalan dengan lancar tanpa hambatan, justru karena jarang mendapatkan pertukaran transmisi, membuat sebagian besar pemilik mobil matic. Tidak menyadari harus mengganti oli pada bagian ini.

Berita seputar otomotif motor : atlantaagainstamazon.org

  • Oli Rem

Pada mobil matic, pengereman memang menjadi faktor yang cukup penting untuk diperhatikan, karena apabila terjadi indikasi rem blong, mobil matic akan sangat sulit untuk dihentikan. Berbeda dengan mobil manual yang bisa dihentikan dengan cara memainkan gigi dan koplingnya. Untuk itu pergantian oli rem sangatlah penting dan harus di pantau secara konsisten agar kadar oli berada di volume yang pas dan juga pemeriksaan warna oli. Yang apabila sudah berubah warna menjadi kecokelatan atau kehitaman, disarankan untuk segera dilakukan pergantian.

  • Oli Power Steering

Berikutnya oli yang harus mendapatkan pergantian secara berkala adalah pada bagian power steering. Pergantian oli pada bagian ini akan berfungsi sebagai hidrolik pump yang akan mempermudah pengendara dalam menguasai kendaraanya. Maka dari itu selalu cek kondisi oli power steering kalian yha.

  • Oli Gardan

Oli mobil matic berikutnya yang mendapatkan perawatan secara berkala adalah oli gardan. Gardan merupakan sebuah gear yang berfungsi sebagai penggerak roda belakang. Oli gardan perlu mendapatkan perawatan karena memiliki fungsi yang cukup krusial yaitu sebagai penyambung antara transmisi dan juga gardan roda belakang. Biasanya saran untuk mengganti oli gardan ini adalah saat mobil sudah berjalan dengan jarak tempuh 20.000km.

Berikut adalah ulasan seputar jenis oli mobil matic yang harus diganti dan mendapatkan perawatan secara berkala. Nantikan informasi menarik lainnya seputar otomotif hanya di Oto-maz.com.